MATERI UTS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERGURUAN TINGGI

RINGKASAN MATERI UTS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOSEN : TATANG MUHAJANG, M.Ag., S.Ag
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAKUAN


Mengapa manusia perlu beragama?
Pada dasarnya manusia memilki keterbatasan, oleh karena itu perlu agama utk membantu pencerahan spiritual pada dirinya. Dan agama tdk sekedar utk kebaikan dirinya tp utk membantu dirinya dlm menghadapi problem hidup ( al-quran 2 : 213 )
Para antropolog ; agama merupakan respon terhadap kebutuhan utk mengatasi kegagalan yg timbul karena ketidakmampuan manusia utk memahami peristiwa2 yg terjadi. (sulaiman, 1984;8).
Kenapa kita menganut islam?
1.       Ingin hidup dlm naungan Allah (Ali Imran: 19 dan 85
2.       Ingin hidup seirama dg alam (al-Hajj: 18)
3.       Ingin dikumpulkan bersama orang2 terbaik (an-Nisa: 69)
4.       Ingin mati sebagai muslim (Ali Imran : 102 )
5.       Ingin hidup baik dunia dan akhirat (an-Nahl: 79)
6.       Tdk mau dusta setelah iman (al-Ankabut: 2-3 )
7.       Karena kita sadar iman tdk bisa diwariskan (Hud: 45-46).

HAL-HAL YG HARUS MENJADI KOMITMEN SEORANG MUSLIM
1.       Agama/Ajaran islam adalah agama yang benar menurut Allah ( Ali Imran; 19 dan al-Ali Imran:85)
2.       Ajaran islam bersifat Universal (as-Syura;13)
3.       Agama/ajaran islam adalah ajaran terakhir(al-Maidah :3 )
4.       Nabi Muhammad adalah Nabi/Rasul terakhir (al-Ahzab : 40 )

AGAMA YG PARA RASUL ADALAH SATU
52. Sesungguhnya (agama Tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu[1006], dan aku adalah Tuhanmu, Maka bertakwalah kepada-Ku.
53. kemudian mereka (pengikut-pengikut Rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing).
54. Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu. (Al-Mu’minun; 52-54)
INFORMASI KEBERADAAN NABI MUHAMMAD SAW
Dan (ingatlah) ketika Isa Ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, Yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata.“(As-shaf: 6)
PLURALISME AGAMA
(Paham ttg keberagaman Agama)
SIAPA ORANG YG BERIMAN ITU?
162. tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. orang-orang Itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.(Anisa;I62)
2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,
3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,
4. dan orang-orang yang menunaikan zakat,
5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
7. Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas.
8. dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya
.(al-mu’minun;2-9)
SIAPA AHLUL KITAB ?
110. …….Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (ALI IMRAN ;II0)
Sumber Hukum Agama Islam:
1. AL-QURAN
2. AL-HADITS
3. IJTIHAD

Landasan hukum
1.Surat an-nisa : 59 (taatilah Allah dan taatilah rasul….)
2. Surat an-nisa :80 (barang siapa mentaati rasul maka sesungguhnya ia telah mentaati Allah)
3. Surat al- Hasyr : 7 (apa yg diberikan rasul kepadamu maka terima ia, dan apa yg dilarangnya maka tinggalkan)
Pengertian Al-Quran
Pengertian Al-quran menurut istilah yaitu, Al-Quran adalah kitab suci yang memuat firman-firman (wahyu) Allah, yang disampaikan malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur dan beribadah bagi yg membacanya (Qs. Al-Insan: 23)
Al-Quran itu terdiri dari beberapa batasan, yaitu :
Al-Quran adalah kalamullah (kata-kata Allah)
Al-Quran mengandung mukjizat
Al-Quran adalah kata-kata Allah yang diturunkan pada Rasul terakhir.
Al-Quran diturunkan melalui perantaraan malaikat Jibril.
Al-Quran tertulis dalam mushaf (usmany)
Al-Quran itu sejak Nabi Muhammad Saw sampai kepada kita diriwayatkan dari orang banyak (mutawatir) tidak hanya dari beberapa orang saja.
Al-Quran termasuk ibadah bagi orang yang membacanya
Al-Quran mushaf yang memuat tulisan kata-kata Allah yang terdiri dari 114 surat.
Al-Quran berbahasa arab.
Al-Quran dibagi menjadi ayat makkiyah dan madaniyah
Ciri- ciri :
1.       Ayat-ayat makkiyah, pada umumnya pendek-pendek, ayat-ayat madaniyah pada umumnya panjang-panjang.
2.       Ayat-ayat makkiyah, dimulai dengan kata-kata yaayyuhannas (hai manusia) sedang ayat-ayat madaniyah dimulai dengan kata-kata ya ayyuhallazina amanu (hai orang-orang yang beriman).
3.       Ayat-ayat makkiyah pada umumnya mengenai tauhid, ayat-ayat madaniyah memuat soal-soal hukum
4.       Ayat-ayat makkiyah diturunkan selama 12 tahun 13 hari, sedang ayat-ayat madaniyah selama 10 tahun, 2 bulan 9 hari.
Isi Al-Quran berupa :
1. Petunjuk mengenai akidah
2. Petunjuk mengenai syari’ah
3. Petunjuk tentang akhlak
4. Kisah-kisah umat manusia dimasa lampau

Fungsi alqur’an
1. al- huda (petunjuk) , Qs. Jin :13
2. al-Furqan(pembeda), Qs. Al-furqan; 1
3. adz-Dzikr(pemberi peringatan),Qs.al-Hijr:9
4. al-Mauidzah(pemberi nasehat),Qs. Yunus;57
5. as-Syifa(obat),Qs. Yunus; 57
6. al-Hikmah(kebijaksanaan),Qs.al-Isra: 39

Pengertian (Etimologi) Sunnah
  SUNNAH berasal dari bahasa arab
  Secara Etimologi sunnah berarti jalan yg biasa dilalui atau cara yg senantiasa dilakukan
  Pengertian sunnah secara Etimologi dpt ditemukan dlm sabda rasulullah SAW:
       “Barangsiapa  yang membiasakan sesuatu yang baik, maka ia menerima pahalanya dan pahala orang-orang yang mengamalkan sesudahnya, dan barang siapa yag membiasakan sesuatu yang buruk, maka ia akan menanggung dosanya dan dosa orang-orang yang mengikuti sesudahnya.”(HR.Muslim)
Pengertian  Sunnah
  Sunnah menurut para ahli hadits:
       Seluruh yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, baik perkataan, perbuatan maupun ketetapan.
  Sunnah menurut ahli ushul fiqh:
       Segala yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW berupa perbuatan, perkataan dan ketetapan yang berkaitan dengan hukum.
Macam-macam Sunnah
  Sunnah sebagai sumber hukum Islam dan dalil hukum  Islam kedua, dibedakan atas 3 (tiga) macam:
  1. Sunnah Fi’liyyah
       Adalah perbuatan yg dilakukan Nabi SAW yg dilihat, diketahui dan disampaikan para sahabat kepada orang lain.
  2. Sunnah Qauliyyah
       Adalah ucapan Nabi Saw. yg didengar oleh dan disampaikan seseorang atau beberapa sahabat kepada orang lain.
3. Sunnah taqririyah (ketetapan Nabi saw)
DITINJAU DARI SEGI KUANTITAS:
   Hadits shahih
       Adalah hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang adil, sempurna (kuat) ingatannya, sanadnya bersambung-sambung, tidak berillat, dan tidak janggal (syadz).
  Hadits Mutawatir
       Adalah suatu hadits hasil tanggapan dari panca indera yg diriwayatkan oleh sejumlah besar rawi yg menurut adat kebiasaan mustahil mereka berkumpul dan bersepakat dusta.
  Hadits Ahad
        Adalah hadits yg diriwayatkan oleh sejumlah rawi tapi jumlah tersebut tidak sampai derajat mutawatir.
DITINJAU DARI SEGI KUALITAS:
  Hadits shahih
       Adalah hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang adil, sempurna (kuat) ingatannya, sanadnya bersambung-sambung, tidak berillat, dan tidak janggal (syadz).
       Hadits Hasan
      adalah hadits yang diriwayatkan oleh orang yang adil namun kurang kuat ingatannya, sanadnya bersambung-sambung, tidak berillat dan tidak janggal
       Hadits Dhaif
      adalah hadits yang kehilangan satu syarat atau lebih dari syarat-syarat hadits shahih atau hadits hasan.
Fungsi as-sunnah/hadits
  1. Bayan tafsir (menjelaskan/interpretasi)
  2. Bayan ta’kid (menetapkan/menegaskan)
  3. Bayan tasyri’(penetapan hukum yg blm ada secara eksplisit dlm quran) contoh ttg tidak boleh menikahi seorang wanita  sekaligus dg bibinya’
  4. Bayan takhshish al-am(penghususan) contoh ttg waris kpd anak tp tdk ke anak yg lain agama.
Arti dan kedudukan Ijtihad
       Ijtihad adalah derivasi dari kata jahada, artinya berusaha sungguh-sungguh.
       pengertian terminologi hukum, Mukti Ali (1990) menyebutkan bahwa ijtihad adalah berusaha sekeras-kerasnya untuk membentuk penilaian yang bebas tentang sesuatu masalah hukum. Ijtihad merupakan pekerjaan akal dalam memahami masalah dan menilainya berdasarkan isyarat-isyarat Al_Quran dan As-Sunnah kemudian menetapkan kesimpulan mengenai hukum masalah tersebut.
Metode-metode ijtihad
1.       Qiyas (analogi)
2.       Istihsan (mencari yg baik)spt, pencabutan hak milik tanah utk jalan raya.
3.       “urf,(adat-istiadat)spt melamar menggunakan cincin pengikat
4.       Masalihul mursalah(kemaslahatan umum) spt pungutan pajak penghasilan’
5.       Ijma’ (kesepakatan ahli)

PERBEDAAN AL-QURAN, AS-SUNNAH,
a. Al-Qur'an nilai kebenarannya adalah qath'I ( absolut ), sedangkan al-Hadits adalah zhanni ( kecuali hadits mutawatir ).
b. Seluruh ayat al-Qur'an mesti dijadikan sebagai pedoman hidup. Tetapi tidak semua hadits mesti  kita jadikan sebagai pedoman hidup. Sebab disamping ada sunnah yang tasyri' ada juga sunnah yang ghairu tasyri . Disamping ada hadits yang shahih adapula hadits yang dha,if dan seterusnya.
c. Al-Qur'an sudah pasti otentik lafazh dan maknanya sedangkan hadits tidak.
d. Apabila Al-Qur'an berbicara tentang masalah-masalah aqidah atau hal-hal yang ghaib, maka setiap muslim wajib mengimaninya. Tetapi tidak harus demikian apabila masalah-masalah tersebut diungkapkan oleh hadits........

Perbedaan Al-Quran, As-Sunnah, dan Ijtihad
Al-Quran : Kitab suci yang memuat firman-firman (wahyu) Allah, sama benar dengan yang disampaikan malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW.
As-Sunnah : sesuatu yang disandarkan (udhifa) kepada Nabi Muhammad SAW. Berupa  perkataan, perbuatan, dan ketetapan (taqrir).
Ijtihad  :    berusaha sungguh-sungguh dengan mempergunakan seluruh kemampuan akal pikiran , pengetahuan, dan pengalaman manusia yang memenuhi syarat untuk mengkaji dan memahami wahyu dan sunnah serta mengalirkan ajaran , termasuk ajaran mengenai hukum (fikih) islam dari keduanya.
Al-Quran bersumber dari firman-firman Allah, As-Sunnah bersumber dari perkataan, perbuatan, dan perilaku Rasulullah SAW yang bersumber dari Al-Quran, sedangkan Ijtihad bersumber Al-Quran dan As-sunnah yang diterapkan oleh seseorang atau beberapa orang yang memiliki ilmu pengetahuan dan pengalaman tertentu yang memenuhi syarat untuk mencari, menemukan dan menetapkan nilai dan norma yang tidak terdapat patokannya didalam Al-Quran dan As-sunnah.
MAKHLUK ALLAH ALAM SEMESTA(AL-KAUN)(KB.1)
UNIVERSUM
أولم يرالذين كفروا
(الانبياء:30 )
AQIDAH (KB.3)
ASAL-USUL KEJADIAN MANUSIA
الاعراف : 10
 الحجر: 20
النساء :1
الحجرات: 13

MACAM-MACAM/SIFAT-SIFATMAKHLUK
الاحزاب: 9
الهود: 69-70
KEDUDUKAN/HUBUNGAN TIAP-TIAP MAKHLUK
الذريات:56
البقرة: 97
الانفطار:11-12

HAYAT (HIDUP)(KB.2)
ALAM INSANI
القيا مة: 36-40
ALAM BARZAKH
المؤمنون: 99-100
ALAM SURGA/NERAKA
الكهف :107
الهمزة : 4-6

MANUSIA
          PALING SEMPURNA, MAKHLUK BERAKAL, SEBAGAI KHALIFAH

KHALIQ
          SEBAGAI PENGATUR,PEMELIHARA,TUHAN YG DISEMBAH
          PEMBERI BENTUK,TUHAN MAHA PERKASA
          PEMBERI RIZKI
AQIDAH(KB.3)
-.Ialah Ajaran tentang keimanan terhadap keEsaan Allah.
-. Iman adalah keyakinan penuh yang dibenarkan oleh hati, diucapkan secara lisan dan diwujudkan oleh amal perbuatan.
CIRI-CIRI ORANG YANG MEMPUNYAI IMAN SEMPURNA;
  1. Segala prilaku disaksikan Allah
  2. Memelihara shalat,amanat dan janji
3.      Menghindari perbuatan maksiat   (المؤمنون:2-9)
  1. Bila memperoleh nikmat bersukur
  2. Bila memperoleh nikmat bersukur (النساء: 147 )
  3. Bila dapat musibah bersabar   (البقرة: 155-156)
TINGKAT  KEIMANAN;
  1. KOMITMEN TERHADAP ISLAM(;  والعصر. ان الانسان لفي خسر..(العصر:1-3
2. KUALITAS SIKAP;    من رئ منكم منكرا فليغيره بيده ..(الحديث
3. MOTIVASI PRILAKU  وما أمروا الا ليعبدواالله ..(البينة: 5 )
4. KEMAMPUAN MELAKSANAKAN AMAL
FAKTOR-FAKTOR PEMBINAAN KEIMANAN;
1.      ILMU;    ولاتقف ما ليس لك به علم...(الاسراء:36 )

2. AMAL SHALEH;    وعد الله الذين...ليستخلفنهم..(النور:55 )
3. JIHAD;    والذين جاهدوا فينا لنهدينهم..(العنكبوت:69 )
RISALAH (Nabi,Rasul,Aulia,Ulama) (KB.1) Tujuan Allah mengutus Rasul;
 1.   وما أرسلنا من رسول...ليبين لهم..(ابراهيم:4)
 2.   وما أرسلنا من رسول الا ليطاع... (النساء:64)
 3.   شرع لكم من الدين ما وصي به.(الشوري: 13)
KITAB-KITAB ALLAH YANG DISEBUT DALAM AL-QURAN;
Taurat adalah kumpulan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Musa as. kata taurat berasal dari bahasa Ibrani yang berarti syariat atau hukum. (al-Baqarah:87)dan (al-Isra:2). Zabur adalah kumpulan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Daud as, raja Bani Israil. Zabur berisi Mazmur(nyanyian pujian kepada Tuhan).kitab ini tdk mengandung hukum-hukum,karena nabi Daud diperintahkan Allah utk mengikuti peraturan yang dibawa Nabi Musa as.sesuai dengan (al-isra:55). Injil adalah kumpulan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Isa as. Putra Maryam. Kata injil dari bahasa Yunani euangelion berati kabar gembira,karena nabi Isa menggembirakan umatnya akan kedatangan Nabi Muhammad SAW sebagai utusan terakhir. Sesuai dengan (as-shaf:6).
IBADAH;
1. ألعبادة: عبارة عما يجمع عمال المحبة والخضوع    
     والخوف (ابن كثير)
 2. ما أديت ابتغاء لوجه الله وطلبا لثوابه فى الاخرة
     (حسبى الصديقى )
SYAHADATAIN & SHALAT (KB.1)
1. شهادتين: - محمد رسول الله...(الفتح: 29 )
                - شرع لكم ...ولاتتفرقوا(ألشورى:13 )
 2.الصلاة:- وقال ربكم أدعونى أستجب لكم(المؤمن:60 )
            - قد أفلح المؤمنون الذين هم..(ألمؤمنون:1-2)
            - ...ألا بذكرالله تطمئن القلوب (الرعد:28)
ZAKAT (KB.2)
الصدقة : خذ من أموالهم صدقة..(التوبة :103)

 ألحق   : ..اذا أثمر وأتوا حقه يوم حصاده..(الانعام:141)
 ألنفقة   : والذين يكنزون الذهب..ولاينفقونها..(التوبة:34)
PUASA&HAJI (KB.3)
الصوم : الامساك عن جميع المفطرات من الفجر الى
           الغرب:  يايهاالذين أمنواكتب..(البقرة:186)
 الحج  : ولله على الناس حج البيت...(التوبة:34)


Komentar