STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DAN KOMUNIKASI


TUGAS PENGANTAR MANAJEMEN
STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
DAN
TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DAN KOMUNIKASI

index.jpg


DIsusun Oleh :
Nama                    : Bambang Tri Mulyono
NPM                      : 021115235
Kelas                     : 1F
Dosen                   : Nadia Dwi Irmadiani, M.Si., S.AB


FAKULTAS EKONOMI, MANAJEMEN
TAHUN 2015/2016

STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan.Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.Struktur organisasi adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal.
Elemen struktur organisasi:
ì  SPESIALISASI KERJA
Spesialisasi kerja ialah pembagian kegiatan pekerjaan ke dalam berbagai tugas-tugas yang terpisah. Spesialisasi kerja juga biasa disebut pembagian kerja (division of labour). Tujuannya agar individu tersebut dapat menguasai keahlian lain dalam upaya peningkatan output kerja. Sekarang ini kita menggunakan istilah spealisasi kerja, untuk melakukan sejauh mana tugas-tugas di organisasi itu di bagi-bagi menjadi sejumlah pekerjaan sendiri. Inti dari spesialisasi adalah bahwa keseluruhan pekerjaan tidak di kerjakan oleh satu orang tapi dipecah menjadi beberapa langkah dan setiap langkah di selesaikan oleh orang yang berbeda. Karyawan individual dispesialisasikan untuk melakukan sebagian aktifitas bukannya keseluruhan aktivitas pekerjaan.
ì  DEPARTEMENTALISASI
Departementalisasi adalah kegiatan pekerjaan bersama yang harus dihimpun kembali sehingga berbagai pekerjaan yang terpisah dapat dikoordinasikan dan diintegrasikan kembaliLima bentuk umum departementalisasi
1.    Departementalisasi fungsional : mengelompokkan pekerjaan berdasarkan fungsi yang di lakukan.
2.    Departementalisasi produk : mengelompokkan pekerjaan berdasarkan lini produk.
 3.    Departementalisasi geografis : mengelompokkan pekerjaan berdasarkan berdasarkan wilayah atau geografis .
4.    Departementalisasi proses : mengelompokkan pekerjaan berdasarkan arus produk atau pelanggan , dalam pendekatan ini , kegiatan harus mengikuti arus pemrosesan alami produk atau bahkan pelanggan
5.    Departementalisasi pelanggan : mengelompokkan pekerjaan berdasarkan kelompok pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau masalah bersaing yang dapat sangat baik di penuhi dengan mempunyai tenaga spesialis pada masing-masing pelanggan itu.
Organisasi – organisasi besar sering menggabungkan sebagian besar atau semua bentuk departementalisasi itu. Misalnya, sebuah perusahaan elektronik besar di jepang mengorganisasi tiap-tiap divisinya menurut lini funsional,mengorganisasi unit-unit pabrikasinya menurut proses , unit-unit penjualannya menurut wilayah geografis,wilayah penjualan menjadi empat pengelompokan  pelanggan.
Dua tren departementalisasi adalah meningkatnya penggunaan departementalisasi pelanggan dan pengunaan tim lintas fungsi. Departementalisasi pelanggan digunakan untuk memantau kebutuhan pelanggan dan lebih mampu menganggapi perubahan kebutuhan. Lintas fungsi itu mampu memahami pelanggannya dan lebih cepat menganggapi permintaan mereka .
ì  RANTAI KOMANDO
1.    Wewenang ialah hak mutlak dalam posisi manajerial untuk memerintahkan apa yang harus dilakukan stafnya dan mengharapkan mereka melakukannya
2.    Tanggung jawab ialah kewajiiban atau ekspektasi untuk melakukan suatu tugas.
3.    Prinsip kesatuan komando ialah adanya penggabungan satu kesatuan komando dengan maksud agar tidak terjadinya tuntutan yang saling tumpang tindih dari beberapa bos yang dapat menyebabkan masalah.
Rantai komando adalah garis wewenang yang tidak terputus yang membentang dari tingkatan atas organisasi hingga tingkatan paling bawah dan mejelaskan siapa melapor dan kepada siapa.
Wewenang mengacu pada hak-hak yang melekat pada posisi manajerial tertentu yang memberitahu orang apa yang harus dilakukan dan mengaharapkan orang itu melakukannya . untuk mempermudah koordinasi dan pengambilan keputusan , para manajer organisasi menjadi bagian dari rantai komando itu dan di anugeragi dengan kadar wewenang tertentu guna memenuhi tanggung jawabnya. Sewaktu para manajer mengoordinasi dan memadukan pekerjaan para karyawan , para karyawan tersebut menanggung kewajiban untuk melaksanakan tugas yang di bebankan. Kewajiban atau harapan untuk mkelaksanakan itu dikenal sebagai tanggung jawab.Akhirnya prinsip kesatuan komando membantu melestarikan konsep garis wewenang yang terus menerus.
ì  RENTANG PENGENDALIAN
Rentang pengendalian ialah jarak yang seharusnya dimiliki oleh seorang atasan (manajer) terhadap bawahannya dengan tujuan agar pekerjaan dapat berjalan efektif dengan hasil efisien.
ì  SENTRALISASI DAN DESENTRALISASI
Sentralisasi merupakan kadar di mana pengambilan keputusan dilangsungkan pada tingkat yang lebih tinggi dalam organisasi, sebaliknya desentralisasi yaitu kadar pengambil keputusan dilakukan oleh tingkat bawah atau para staf.
ì  FORMALISASI
Formalisasi adalah standar apakah pekerjaan-pekerjaan organisasi dan taraf dimana perilaku pekerja dipandu oleh beragam aturan dan prosedur.
Dalam organisasi yang sangat terformalisasi, terdapat deskripsi pekerjaan yang eksplisit, sarat dengan aturan organisasi, dan secara jelas menggambarkan prosedur yang terkait dengan proses kerja.

STRUKTUR MEKANISTIK DAN ORGANIK
Organisasi mekanistik merupakan struktur yang kaku dan terkontrol ketat yang dicirikan dengan spesialisasi yang tinggi, departementalisasi yang kaku, rentang pengendalian yang sempit, formalisasi yang tinggi, jaringan informasi yang terbatas dan sedikitnya partisipasi dalam pengambilan keputusan oleh para pekerja level bawah. Struktur mekanistik menuntut efisiensi dan sangat bertumpu pada aturan, regulasi, tugas-tugas terstandarisasi, dan pengendalian yang seragam. Desain ini berupaya meminimalkan dampak dari kepribadian, penilaian, dan ambiguitas yang beragam.
Organisasi organik yaitu suatu struktur yang sangat adaptif dan fleksibel. Dalam organisasi organik ini,bisa saja memiliki pekerjaan terspesialisasi, namun pekerjaan tersebut tidak terstandarisasi dan bisa berubah sesuai kebutuhan.

FAKTOR-FAKTOR KONTIJENSI
Jim Mullen, CEO di Biogen, berkata, “Budaya perkemahan tidak cocok lagi di sini, dengan orang-orang yang duduk-duduk bercerita satu sama lain tentang apa yang sedang terjadi. Kita perlu lebih terorganisasi melihat ke masa depan. Kerumitan perusahaan ini baik dulu dan sekarang terus meningkat dengan pesat. Kita perlu memotivasi orang-orang untuk mengambil risiko, kita perlu melihat inovasi dan kreativitas, dan kita perlu menuntut hasilnya.” Manajer puncak kebanyakan organisasi biasanya banyak memikirkan pendesainan struktur yang memadai seperti apakah struktur yang memadai itu tergantung pada empat variabel kontigensi, yaitu :
a.    Strategi dan Struktur
Struktur organisasi harus membantu pencapaian sasaran. Karena sasaran dipengaruhi oleh strategi organisasi, masuk akal bahwa strategi dan struktur itu harus erat berkaitan. Lebih spesifik lagi, struktur harus mengikuti strategi. Jika para manajer secara berarti mengubah strategi organisasi, mereka akan perlu memodifikasi struktur supaya dapat menampung dan mendukung perubahan itu.
Alfred Chandler yang pertama-tama meneliti kaitan strategi-struktur itu. Ia mempelajari beberapa perusahaan besar Amerika Serikat dan menyimpulkan bahwa perubahan strategi korporasi mengakibatkan perubahan struktur organisasi. Chandler menemukan bahwa organisasi-organisasi tersebut lazimnya mulai dengan produk atau lini produk tunggal yang hanya memutuhkan bentuk organisasi yang sederhana atau longgar. Akan tetapi, sewaktu organisasi-organisasi itu tumbuh, strategi mereka akan menjadi lebih ambisius dan canggih serta struktur tersebut berubah supaya mampu mendukung strategi yang dipilih itu.
Kebanyakan kerangka kerja strategi saat ini berfokus pada tiga dimensi : (1) inovasi, yang mencerminkan usaha organisasi untuk mengejar inovasi yang berarti dan unik; (2) minimalisasi biaya, yang mencerminkan usaha organisasi untuk melakukan pengendalian biaya secara ketat; dan (3) imitasi, yang mencerminkan usaha organisasi untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang laba dengan meniru para pemimpin pasar. Para inovator membutuhkan fleksibilitas dan aliran bebas informasi dalam struktur organis, sementara mereka yang meminimalkan biaya mencari efisiensi, kemantapan, dan kendali ketat yang ada pada struktur mekanistis. Para peniru menggunakan ciri-ciri struktural yang kedua jenis organisasi yaitu, menggunakan ciri-ciri struktur mekanistis untuk mempertahankan kendali biaya yang ketat dan randah, tetapi serta struktur organis untuk mengejar arah yang baru dan inovatif.

b.    Ukuran dan Struktur
Ada bukti yang sangat kuat bahwa ukuran organisasi mempengaruhi strukturnya. Misalnya, organisasi-organisasi besar--yang lazimnya mempekerjakan 2000 karyawan atau lebih—cenderung lebih banyak mempunyai spesialisasi, departementalisasi, sentralisasi dan peraturan serta tatanan dibandingkan organisasi kecil. Namun, hubungan itu tidak berarti linear. Sebaliknya, ukuran memengaruhi struktur dengan laju yang semakin menurun; yakni, dampak ukuran semakin kecil sewaktu organisasi itu berkembang. Ketika suatu organisasi memiliki sekitar 2000 karyawan, organisasi itu sudah cukup mekanistis. Penambahan 500 karyawan tidak akan banya berpengaruh. Sebaliknya, menambahkan 500 karyawan kepada organisasi yang hanya memiliki 300 anggota akan cenderung menimbulkan pergeseran ke arah yang lebih mekanistis

c.    Teknologi dan Struktur
Setiap organisasi paling sedikit mempunyai satu bentuk teknologi untuk mengubah input-nya menjadi output. Minat awal pada teknologi sebagai struktur dapat dilacak pada karya ilmuwan Inggris, Joan Woodward. Woodward mengkaji sejumlah perusahaan manufaktur kecil di Inggris Selatan untuk menentukan sejauh mana prinsip-prinsip desain struktural, seperti kesatuan komando dan rentang kendali, berkaitan dengan kesuksesan organisasi. Woodward tidak mampu menemukan pola yang konsisten sampai ia membagi-bagi perusahaan itu menjadi tiga kategori berdasarkan ukuran produksi mereka. Ketiga kategori itu mewakili tiga teknologi yang berbeda dan memiliki kadar kerumitan serta kecanggihan yang semakin menungkat. Kategori pertama, produksi unit, menggambarkan produksi dalam unit atau batch kecil. Kategori kedua, prodiksi massal, meggambarkan pabrokasi dalam batch  besar. Ketiga, produksi proses, mencakup produksi dalam proses yang berkelanjutan.
Proses atau metode yang mengubah input  organisasi menjadi output berbeda menurut derajat rutinitasnya. Pada umumnya, semakin rutin teknologi, semakin terstandardisasi dan mekanistis struktur tersebut. Organisasi dengan teknologi yang makin tidak rutin akan lebih cenderung mempunyai struktur yang organis
d.    Ketidakpastian Lingkungan dan Struktur
Sejumlah organisasi menghadapi lingkungan yang relatif stabil dan sederhana sementara organisasi lain menghadapi lingkungan yang dinamis dan rumit. Karena ketidakpastian mengancam efektivitas organisasi, para manajer akan berusaha meminimalkannya. Salah satu cara untuk mengurangi ketidakpastian lingkungan dalah melalui menyesuaian struktur organisasi. Makin besar ketidakpastian, makin besar kebutuhan akan fleksibilitas yang ditawarkan oleh desain organis. Di lain pihak, dalam lingkungan yang sederhana dan stabil, desain mekanistis cenderung yang paling efektif.
Bukti kaitan antara lingkungan-struktur membanru menjelaskan mengapa begitu banyak manajer melakukan restrukturisasi terhadap organisasi mereka agar ramping, gesit, dan fleksibel. Persaingan global, percepatan inovasi produk oleh pesaing dan meningkatnya permintaan pelanggan akan mutu yang lebih tinggi dan penyerahan yang lebih cepat merupakan contoh kekuatan lingkungan yang dinamis. Organisasi-organisasi mekanistis cenderung kurang siap menanggapi cepatnya perubahan lingkungan dan ketidakpastian lingungan. Akibatnya, semakin banyak organisasi yang didesain supaya organis.




DESAIN ORGANISASI YANG UMUM
A.   Desain organisasi tradisional
Dalam merancang struktur untuk mendukung pencapaian sasaran organisasi secara efektif dan efisien, para manajer dapat memilih untuk mengikuti desain yang lebih tradisional. Desain tersebut meliputi :
1. Struktur sederhana
     Struktur sederhana adalah desain organisasi dengan departementalisasi rendah, rentang kendali yang luas, wewenang terpusat padad seseorang, dan formalisasi rendah. Struktur ini lebih banyak digunakan oleh pengusaha kecil di mana pemilik dan manajer adalah satu orang yang sama
2.  Struktur fungsional
      Struktur fungsional adalah desain organisasi yang mengelompokkan spesialisasi pekerjaan yang serupa  atau terkait ke dalam satu kelompok. Contohnya. Revlon,inc. diorganisasi berdasar fungsi operasi, keuangan, sdm, serta riset dan pengembangan produk.
3. Struktur divisional
      Struktur divisional adalah struktur organisasi yang terdiri atas sejumlah unit atau divisi yang terpisah. Dalam struktur divisional, perusahaan induk biasanya bertindak sebagai pengawas luar untuk mengoordinasi dan mengendalikan berbagai divisi, dan sering memberikan layanan dukungan, seperti keuangan dan hukum. Contohnya yaitu : Wal-mart stores, inc divisinya meliputi wal-mart realty, international, dan speciality stores. Sedangkan contoh lain dari organisasi struktur divisional yaitu Limited Brands.
Kekuatan dan kelemahan desain organisasi tradisional umum
·         Struktur sederhana
Kekuatan    : cepat, fleksibel, murah biaya pemeliharaannya, pertanggung jawabannya jelas
Kelemahan : tidak memadai ketika organsasi berkembang, ketergantungan pada satu orang adalah beresiko.
·         Struktur fungsional
Kekuatan    :  keunggulan penghematan biaya dari spesialisasi dan karyawan dikelompokkan dengan yang lain yang mempunyai tugas serupa. 
Kelemahan :  mengejar tujuan fungsional dapat menyebabkan para manajer dapat kehilangan pandangan tentangapa yang terbaik dari keseluruhan organisasi, spesialis fungsional menjadi terkicil dan sedikit memahami tentang apa yang dilakukan unit lainnya.
·         Struktur divisional
Kekuatan    : berfokus pada hasil para manajer divisi bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi pada produk dan jasa mereka.
Kelemahan : kegiatan dan sumber daya yang rangkap meningkatkan biaya dan mengurangi efisiensi.
B.   Desain organisasi kontemporer
1. Struktur berbasis tim
     Keseluruhan organisasi tersusun atas sejumlah kelompok kerja atau tim yang menjalankan pekerjaan organisasi tersebut. Dalam struktur berbasis tim pemberdayaan karyawan sangat menentukan keberhasilan karena disitu tidak ada garis wewenang manajerial yang kaku yang mengalir dari ataas ke bawah. Sebaiknya tim karyawan bebas mendesain pekerjaan menurut cara yang mereka anggap paling baik, akan tetapi tim-tim itu harus bertanggung jawab atas segala kegiatan kerja dan hasil kinerja dalam bidang mereka masing-masing. Di organisasi besar struktur tim melengkapi apa yang lazimnya berupa struktur fungsional atau divisional. Itu membuat organisasi dapat mempunyai efisiensi birokrasi sekligus menciptakan fleksibilitas yang diberikan tim.
2. Struktur matriks dan struktur proyek
      Struktur matriks adalah struktur organisasi yang menugaskan para spesialis dari departemen fungsional yang berbeda-beda untuk bekerja pada satu proyek atau lebih yang dipimpin oleh para manajer proyek. Desain matriks adalah bahwa struktur itu menciptakan rantai komando ganda. Dimana melanggar prinsip organisasi klasik tentang kesatuan komando. Para karyawan dalaam organisasi matriks tersebut mempunyai dua manajer, yaitu manajer departemen fungsional dan manajer proyek atau manajer produk mereka yang berbagi wewenang. Para manajer membuat otoritas atas para anggota fungsional yang menjadi bagian dari tim proyek manajer tersebut yang terkait dengan sasran proyek. Agar bisa bekerja secara efektif, manajer proyek dan manajer fungsional harus berkomunikasi secara teratur, mengoordinasikan permintaan kerja atas para karyawan, dan memecahkan konflik secara bersama.
Meskipun struktur matriks berfungsi dengan baik dan terus menjadi pilihan desain struktur yang efektif bagi banyak organisasi -sejumlah organisasi menggunakan jenis struktur yang lebih canggih, yakni struktur proyek, di mana para karyawan senantiasa ditugaskan ke sejumlah proyek.
3. Organisasi tanpa batas
        Merupakan organisasi yang desainnya tidak didefenisikan oleh atau terbatas pada batas-batas horizontal, vertikal, atau eksternal yang dipaksakan oleh struktur yang telah ditentukan sebelumnya. Batasan-batasan internal- batasan horizontal yang didasarkan pada spesialisasi kerja dan departementalisasi  serta batasan vertikal yang memisahkan karyawan ke dalam tingkat organisasi  dan hierarki.  Kemudian ada batas-batas eksternal yang memisahkan organisasi tersebut dari pelanggan, pemasok, dan pemegang kepenting yang lain. Untuk menghapus batasan-batasan ini, manajer dapat menggunakan struktur organisasi virtual, jaringan, atau modular.
·         Organisasi virtual adalah suatu organisasi yang terdiri dari sejumlah kecil karyawan yang bekerja penuh dan untuk sementara mempekerjakan para ahli dari luar untuk mengerjakan  suatu peluang  yang muncul.
·         Organisasi jaringan merupakan suatu pusat organisasi kecil yang menyerahkan fungsi bisnis utamanya pada pihak luar.
·         Organisasi moduler  merupakan organisasi produksi yang menggunakan pemasok dari luar untuk menyediakan komponen produk atau modul yang kemudian dirakit menjadi produk jadi.
4. Organisasi pembelajar
         Merupakan organisasi yang telah mengembangkan kemampuan untuk terus-menerus beradaptasi dan berubah. Dalam organisasi pembelajar, para karyawan mempraktikkan manajemen pengetahuan dengan terus-mkenerus menerima dan berbagi pengetahuan baru serta bersedia menerapkan pengetahuan tersebut dalam pengambilan keputusan  atau pelaksanaan pekerjaan mereka. Beberapa ahli teori desain organisasi bahkan melangkah sedemikian jauh sehingga mengatakan bahwa kemampuan organisasi untuk melakukan, mempelajari, dan menerapkan pengetahuan  tersebut sewaktu menjalankan pekerjaan organisasi itu  barangkali merupakan sumber keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
Ø  Struktur berbasis tim
Keuntungan : karyawan lebih dilibatkan dan mempunyai wewenang, mengurangi hambatan di antara bidang- bidang fungsional.
Kerugian       : tidak adanya rantai komando yang jelas.
Ø  Struktur proyek-Matrik
Keuntungan : desain yang luwes dan lancar yang dapat menanggapi perubahan lingkungan, pengambilan keputusan yang lebih cepat.
Kerugian       : kerumitan untuk menugaskan orang ke proyek, konflik tugas dan kepribadian.
Ø  Struktur tanpa batas
Keuntungan : sangat fleksible dan responsif, menarik bakat di mana pun struktur ini ditemukan.
Kerugian       : kurangnya kendali, kesulitan komunikasi.
Ø  Struktur organisasi pembelajaran
Keuntungan : para karyawan secara terus menerus berbagi dan menerapkan pengetahuan, kemampuan untuk belajar dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Kerugian       :  meminta para karyawan untuk berbagi apa yang mereka tahu dapat menjadi hal yang sulit, konflik kerja sama akan muncul.




TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DAN KOMUNIKASI

PENGERTIAN KOMUNIKASI
            Komunikasi adalah penyampaian dan pemahaman suatu maksud. Hal yang pertama harus di perhatikan tentang definisi tersebut adalah penekanan pada penyampaian maksud itu artinya bahwa jika tidak ada informasi atau ide yang di sampaikan,komunikasi tidak akan terjadi. Komunikasi mencakup pemahaman maksud, agar komunikasi berhasil maksud harus ditanamkan dan di pahami.
FUNGSI KOMUNIKASI
            Komunikasi terdiri dari empat fungsi utama yaitu : control, motivasi, ekspresi emosional, dan informasi. Komunikasi bertindak sebagai control perilaku anggota dalam berbagai cara komunikasi mendorong motivasi dengan menjelaskan kepada karyawan apa yang harus di selesaikan,seberapa baik mereka melakukannya,dann apa yang di lakukan untuk meningkatkan kinerja jika tidak sejajar.
Komunikasi yang terjadi di dalam kelompok adalah mekanisme fundamental dimana anggotanya berbagi rasa frustasi dan perasaan puas. Oleh karena itu,komunikasi memberikan penyaluran bagi ekspresi emosional dan untuk memenuhi kebutuhan social. Komunikasi manajerial mencakup : komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL
            Komunikasi interpersonal (komunikasi antar pribadi) yaitu komunikasi antar dua orang atau lebih.metode yang digunakan meliputi tatap muka,telepon,rapat kelompok,presentasi resmi,memo,surat tradisional,dll.





Proses komunikasi interpersonal

Kegaduhan
 
Umpan balik
 
Decording
 
Encording
 

           
Sebelum komunikasi dapat dilakukan,maksud yang dinyatakan sebagai pesan yang akan di sampaikan harus ada. Pesan itu berlalu antara sumber ( pengirim) dan penerima. Pesan itu diubah menjadi bentuk symbol (encording) dan disampaikan melalui beberapa media (saluran) kepada penerima,yang menerjemahkan ulang pesan pengirimnya (decording)atau penguraian kode atau penguraian sandi. Hasilnya adalah penyampaian maksud dari satu orang ke orang lain. Selain itu, seluruh proses rentan terhadap kegaduhan (noise). Gangguan yang terjadi pada penyampaian,penerimaan, atau umpan balik pesan.
KOMUNIKASI ORGANISASI
            Merupakan semua pola,jaringan,sistem komunikasi dalam suatu sistem. Komunikasi organisasi mencakup komunikasi formal dan informal,pola arus komunikasi,serta jaringan komunikasi formal dan informal.
KOMUNIKASI FORMAL VERSUS KOMUNIKASI INFORMAL
            Komunikasi formal : komunikasi yang mengikuti rantai komando resmi atau bagian dari komunikasi yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan.sebagai contoh, seorang manajer meminta karyawannya menyelesaikan suatu tugas,ia berkomunikasi secara formal,demikian pula sebaliknya. Komunikasi informal : komunikasi yang tidak di definisikan oleh hierarki struktur organisasi. Ketika karyawan berbicara satu sama lain di ruang makan,itu adalah komunikasi informal.
ARAH ARUS KOMUNIKASI
            Komunikasi ke bawah, komunikasi yang mengalir ke bawah dari manajer ke para karyawan. Komunikasi ke atas,komunikasi yang mengalir ke atas dari karyawan ke manajer. Komunikasi literal,komunikasi yang terjadi antara karyawan ditingkatan organisasi yang sama. Komunikasi diagonal,komunikasi yang memotong bidang kerja dan tingkat organisasi.
JARINGAN KOMUNIKASI ORGANISASI
Jenis jaringan komunikasi
v  Jaringan rantai,komunikasi mengalir sesuai dengan rantai komandoformal,baik ke bawah maupun ke atas.
v  Jarinagn roda,mencerminkan komunikasi yang mengalir antara pemimpin yang kuat dan mudah dikenal dengan orang lain dalam kelompok atau tim kerja. Pemimpin tersebut berlaku sebagai pusat jaringan yang semua komunikasi akan melalui dia
v  Jaringan semua saluran,komunikasi mengalir dengan bebas diantara semua anggota tim kerja.

TEKNOLOGI INFORMASI
            Para manajer tertantang untuk membuat organisasi mereka berfungsi secara lancer sambil secara terus menerus mengembangkan operasi kerja dan tetap bersaing walaupun organisasi dan lingkungan berubah dengan cepatnya. Perubahan teknologi membuat manajer mampu mengordinasikan usaha kerja karyawan melalui cara yang dapat menghasilakan peningkatan efeksiensi dan efektifitasan. Dua berkembangan teknologi informasi yang akan berdampak paling berarti dalam komunikasi manajerial terkini :
Sistem computer jaringan
Kemampuan nirkabel
SISTEM KOMPUTER JARINGAN
            Dalam sistem computer jaringan,organisasi menghubungkan sejumlah komputernya menjadi satu melalui hardware dan software yang kompetibel sehingga menciptakan jaringan organisasi. Sehingga anggota organisasi dapat berkomunikasi dimanapun mereka berada.
Beberapa aplikasi di bidang komunikasi
Email,instant messaging (IM),voice mail,faks,dan electronic data interchange (EDI),dll.
KEMAMPUAN NIRKABEL
            Komunikasi nirkabel tergantung pada sinyal yang di kirim melalui udara dan ruang tanpa penghubung fisik ataupun yang menggunakan hal seperti sinyal microwave,satelit,gelombang radio,dan antenna radio (sinar infra merah)
BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI MEMPENGARUHI ORGANISASI
            Dengan teknologi komunikasi dan informasi diantara anggota organisasi tidak lagi terkendala oleh waktu dan geografis. Usaha kerja yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas tertentu diantara individu denga n tim yang tersebar luas,berbagai informasi,dan integrasi keputusan dan pekerjaan di seluruh organisasi mempunyai potensi meningkatkan efisiensi dan keefektifitasan.
Hal-hal mengenai komunikasi dalam organisasi :
ü  Mengolah situs keluhan di internet
ü  Mengolah sumber data pengetahun organisasi
ü  Peran komunikasi dalam layanan konsumen
ü  Komunikasi “yang benar secara politik”       





Komentar